Pembekalan Praktek Kerja Lapangan

17 January 2022 News

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan Akademik yang berorientasi pada bentuk pembelajaran mahasiswa untuk mengembangkan dan meningkatkan tenaga kerja yang berkualitas. Dengan mengikuti Praktik Kerja Lapangan diharapkan dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Selain untuk memenuhi kewajiban Akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi penghubung antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. PKL diselenggarakan secara sistematis dan terjadwal di bawah bimbingan dosen pembimbing.

Praktik Kerja Lapangan PKL merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk mengikuti kegiatan akhir perkuliahan D3 Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang sebagai institusi pendidikan yang mengedepankan kualitas mahasiswa dalam menjawab tantangan dunia kerja, menilai perlu diadakannya PKL. Menurut Buku Panduan Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Praktek Kerja Lapangan adalah kegiatan wajib dalam kurikulum Program Studi Farmasi Diploma III di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Kegiatan PKL pada tahun ini dilaksanakan di 3 lokasi yaitu Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, dan Apotek. Dengan adanya kegiatan PKL diharapkan mahasiswa tingkat III sebagai peserta kegiatan akan mendapatkan pengalaman kerja di lahan praktek sebagai bentuk aplikasi dari materi yang selama ini didapatkan sejak awal perkuliahan. Dasar pelaksanaan PKL mengacu pada kurikulum Farmasi tahun 2014. PKL merupakan salah satu Mata Kuliah pada  Semester VI dan memiliki bobot SKS tersendiri. PKL ini dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi Jurusan Farmasi.

Sebelum mahasiswa melakukan PKL, perlu dilakukan pembekalan guna memberikan informasi dan gambaran kepada mahasiswa terkait proses kegiatan yang dilakukan serta hasil yang diharapkan selama PKL. Kegiatan pembekalan PKL dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 14 Januari 2022 bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang diselenggarakan kegiatan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Tingkat III Tahun Ajaran 2021/2022. Acara dimulai pada pukul 08.30 yang dihadiri oleh Direktur, Wadir I, Wadir III, Sekretaris Jurusan Keperawatan, Kebidanan dan Narasumber.

 Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan Doa, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Farmasi Ibu Eva Dewi Rosmawati Purba, M.Kes yyang memberi nasehat kepada para mahasiswa untuk menjaga nama baik kampus khususnya Jurusan Farmasi dengan bersikap sopan dan baik. dan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Bapak Akhiat, SKM, M.Si sekaligus membuka acara pembekalan PKL.

 Acara intinya yaitu pemaparan materi pembekalan PKL oleh ketiga narasumber yang hadir yaitu: Bapak apt. Zulkarnain S,Si, dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ibu apt. Henny Murdiana, S.Farm dari Apotek Sentra Sehat 3 Pangkalpinang dan Ibu apt. Ursula, S.Si dari Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang. Kegiatan dilaksanakan dengan lancar dan penuh antusias dari para mahasiswa peserta pembekalan PKL.

 

  • Upcoming Events

    • Pelaksanaan Uji Tulis Sipenmaru

      30 May 2018

      Pada tanggal 30 Mei 2018, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang akan melaksanakan Uji Tulis Sipenmaru. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Kuliah ...MORE

  • Statistics

© 2018 || Urusan Sistem informasi || Raissa nurfitasari, s.kom || POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.